Hal-hal Kecil Penentu Masa Depan

21 Nov 2013

Dalam dunia pemrograman, satu karakter code saja terlewat, siap-siap bug ketika proses compile menanti. Dan tak jarang, justru kesalahan-kesalahan itu bukan kesalahan substansi: bukan kesalahan logic. Tapi karena hal yang bersifat remeh pelakunya.

Karakter-karakter penutup code seperti tanda semicolon (;) yang lupa dimasukan di ujung dalam deretan code, salah satu yang sering menjadi penyebab utama. Maka wajar jika muncul programming joke : “semicolon:the solution for all compilation errors.”

Tak berlebihan memang, jika dikatakan tanda semicolon alias ‘TITIK KOMA’ menjadi solusi untuk mengatasi semua error saat sebuah program di-compile. Karena berdasarkan pengalaman -misal dengan bahasa PHP-, saya lupa menempatkan tanda “titik koma” di setiap ujung query, pasti berujung error.

Ini tentu hanya sebuah sindiran untuk para programmer. Bahwa intinya “Tolong…. perhatikan hal-hal yang kecil!!!” . Seperti tanda “kurung tutup”, “kurung kurawal”, “backslash” dan lain-lain.

Belajar dari hal-hal yang terlihat kecil dalam dunia pemrograman, rasanya tepat juga untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang kita anggap kecil, tak bernilai, remeh-temeh, bisa jadi itu menjadi hal utama yang membuat kita tersandung, jatuh, gagal, dan sebagainya.

Apa hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat menentukan masa depan kita? Silakan pembaca bereksplorasi!


TAGS code programming semicolon error program compilation kehidupan masa depan


-

Author

Search

Recent Post